Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Judul Skripsi di Tolak Dospem! Simak Tips Judul Cepat di ACC Dosen Pembimbing

 
Lulus kuliah tepat waktu merupakan impian semua mahasiswa seluruh dunia. lalu wisuda dan disaksikan oleh orang tersayang kita. Tapi kalau skripsi gak selesai-selesai dan judul skripsinya saja sering ditolak dosen Pembimbing, gimana mau wisuda. Mari Simak, tips-tips agar judul skripsi kamu cepat mendapatkan persetujuan atau ACC dari dosen pembimbing.

1. Bangunlah Komunikasi Yang Baik Dengan Dosen Pembimbing Sejak Awal

Banyak di jumpai di lapangan berdasarkan pengalaman saya sebagai dosen pembimbing, mahasiswa malah menghindar bahkan takut setelah mengetahui pembagian siap Dosen Pembimbingnya, karena mahasiswa merasa belum siap dsb. Sehingga  mebuat mahasiswa sungkan untuk bimbingan dan jadinya skripsinya tidak selesai-selesai. Perlu di ingat komunikasi yang baik dengan dosen pembimbing sangat penting, dan apabila tidak bisa membangun komunikasi dengan baik impactnya malah merugikan mahasiswa. Mengapa? Contohnya bisa merubah judul berkali-kali. Perlu di ketahui juga setiap Dospem berbeda2 tipikalnya maka disarankan membangun komunikasi itu yang renyah, komunikatif, tapi juga sopan.  

2. Carilah Hot Isu Yang Sedang Trending 

  

Dosen Pembimbing  dalam hal ini terkadang suka jika mahasiswanya kritis dalam menangkap fonomena-fenomena yang sedang terjadi uptudate di masyarakat. Beda lagi jika judul kita itu dari google, atau malah ala kadarnya dosen malah terkesan bosen atau jenuh karena tiap tahun membimbing itu-itu saja, tadi perlu di perhatikan kalian harus berlatih kreatif, kritis, serta peka terhadap isu-isu yang sedang trending di masyarakat, serta bisa menghubungkan dengan jurusan keilmuan yang anda ambil.

3. Tentukan Objek Dan Subjek Penelitian Yang Jelas 
 
 
Berdasarkan pengalaman yang saya lalui banyak mahasiswa yang setor judul itu semuanya bagus dan baru, tetapi ketika di Tanya dospem kamu mau meneliti apa dan kamu mau meneliti siapa nah itu kadang mereka kebingungan, bahkan menurut dospem subjek/objeknya sulit untuk di mintai data akhirnya judulnyapun di korek si dan berubah lagi. Jadi saran saya pilihlah subjek dan objek itu yang jelas dalam artian yang umum dan mudah di mintai data poin plusnya lagi kita sudah mempunyai koneksi dengan lembaga atau perusahaan yang akan kita jadikan tempat penelitian.
 
4.Setorkan Judul Berangkat Dari Masalah
 
 
 
Ketika kita sudah memiliki gambaran-gambaran masalah yang hendak kita teliti maka itu sampaikanlah ke dosen pembimbing, jadi berangkat dari masalah-masalah yang sudah kita miliki untuk bahan diskusi dengan dospem, maka kita jelas akan di arahkan dan munculah sebuah judul. Terkadang banyak mahasiswa yang datang menghadap dospem membawa judul yang banyak tapi bingung dalam skripsinya akan membahas masalah tentang apa. Jadi saran saya berkenaan dengan juduk berangkat dari masalah, identifikasi dulu masalah yang ada, cari masalah yang akan di teliti, list masalah-masalah itu, terus konsultasikan ke dosen pembimbing.

 
Berdasarkan pengalaman saya, jika kalian bisa menerapkan 4 Tips tadi insyaallah judul akan di ACC dosen dan tidak bekali-kali ganti judul. Semoga bermanfaat, terima kasih.

 

Posting Komentar untuk " Judul Skripsi di Tolak Dospem! Simak Tips Judul Cepat di ACC Dosen Pembimbing"