Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Merawat Bibir Kering dan Mengelupas

 
    Bibir yang kering dan pecah pecah selain sebagai salah satu tanda kesehatan tubuh yang kurang baik juga dapat menurunkan rasa percaya diri akan penampilan. Bibir yang mengelupas juga akan menimbulkan rasa perih dan tak nyaman. Lantas bagaimana cara merawat bibir kering dan mengelupas tersebut supaya cepat sembuh?

    Untuk mendapatkan kondisi bibir yang lembap, sehat dan indah, Anda perlu melakukan berbagai upaya. Berbagai kebiasaan umum yang menjadi kesalahan dan membuat bibir kering dan hitam juga perlu Anda hindari. Ada banyak faktor penyebab bibir menjadi kering dan mengelupas. untuk mencegah kondisi bibir yang semakin parah ikuti cara dan tips sebagai berikut. Mari simak.

1.Menghentikan kebiasaan menjilat bibir

Kebiasaan menjilat bibir sudah umum dikalangan masyarakat. Khususnya ketika bibir terasa kering maka kebanyakan orang secara refleks akan menjilatnya yang dianggap bisa membuat bibir lebih lembap. Tahukah Anda? Kegiatan menjilat bibir bisa berakibat sebaliknya. Kebiasaan ini bisa memperparah kondisi bibir yang kering dan pecah pecah.

2. Menggunakan pelembap lip balm

Pada saat bibir sudah mengalami yang namanya kondisi pecah pecah, Anda bisa menggunakan alat bantu sebagai pelembab bibir yang tepat seperti halnya lipbalm. Anda bisa memilih jenis lip balm dengan kandungan bahan yang bagus seperti shea butter, coconut butter atau beeswax. Keempat bahan ini bersifat lembut untuk melembapkan bibir dengan baik ketika pecah pecah.

3. Melakukan Eksfoliasi

Melakukan eksfoliasi dapat bermanfaat untuk mengatasi kulit mati pada bibir serta menampakkan kulit segar dibagian bawahnya. Pada saat bibir sedang kering, cobalah lakukan eksfoliasi ini. Namun, sebelumnya ada dua hal yang perlu diperhatikan. Pertama gunakan bahan yang sifatnya lembut, jangan terlalu sering dalam mengelupas bibir, kedua segera pakai lip balm untuk melembapkan bibir.

4. Menggunakan lip balm dengan SPF

Khususnya pada saat bepergian dari rumah, Anda disarankan untuk menggunakan lip balm dengan kandungan SPF 30. Bahkan pemanfaatan kandungan SPF ini perlu dilakukan setidaknya setiap dua jam sekali pada saat diluar ruangan untuk menjaga kelembapan bibir. Mengapa hal ini perlu dilakukan? Sebab pada saat terkena matahari, bibi akan terbakar dan membuatnya semakin kering.

5. Jenis Sunscreen yang tepat

Tips kecantikan bibir yang berikutnya adalah memilih bahan kandungan dalam lip balm atau jenis pelembap lainnya dengan tepat. Walaupun sebelumnya Anda disarankan menggunakan lip balm kandungan SPF, tidak semua orang cocok. Untuk itu, Anda bisa memilih lip balm yang bagus dengan menghindari kandungan pewangi atau alkohol yang bisa membuat bibir sensitif.

Uraian diatas adalah informasi lengkap seputar tips dan trik kesehatan dan kecantikan bibir. Hal ini berlaku baik untuk pria maupun wanita. Tidak banyak orang tahu berbagai kebiasaan yang mereka lakukan ternyata memiliki dampak terdapat kondisi bibir yang tidak sehat. Segera terapkan dan jalani pola hidup sehat untuk semakin menunjang kecantikan dari dalam maupun dari luar. Semoga bermanfaat.


Posting Komentar untuk "5 Cara Merawat Bibir Kering dan Mengelupas"