Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Makanan Rendah Kalori, Awet Kenyang Gak Bikin Gendut

Bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan, mengkosumsi makanan rendah kalori dalam diet adalah langkah penting. Artikel ini memberi Anda daftar beberapa makanan sehat dan rendah kalori.

Makanan rendah kalori termasuk air, teh, salad hijau, Oatmeal, jamur, sup sayuran, roti panggang gandum, ikan cod, telur, dan keju cottage rendah lemak. Seorang wanita yang sedang menjalani diet penurunan berat badan makan rata-rata antara 1500-1800 kalori per hari, tergantung pada seberapa aktif mereka. Pria membutuhkan sekitar 500 kalori lebih banyak.

 Berikut daftar makanan rendah lemak:

1. Oatmeal

Siapa sih yang tak asing dengan oatmeal, bagi seseorang yang menjalani program diet makanan rendah kalori satu ini kerap jadi pilihan. Oatmeal, salah satu makanan rendah kalori dan tinggi serat serta protein.

Sebanyak 40 gram oat kering saja hanya mengandung 148 kalori, tetapi proteinnya sebanyak 5,5 gram dan 3,8 gram serat.

Dalam sebuah studi yang dilakukan pada 48 orang dewasa, menunjukkan bahwa memakan oatmeal meningkatkan rasa kenyang sekaligus mengurangi rasa lapar dan asupan kalori pada makanan berikutnya.

2. Telur

Studi menunjukkan bahwa sarapan dengan satu telur dapat mengurangi rasa lapar dan meningkatkan rasa kenyang seharian. Dalam studi lain ditemukan jika sarapan dengan protein tinggi dapat mengurangi keinginan mengemil, memperlambat pengosongan perut dan mengurangi rasa lapar yang baik untuk menurunkan berat badan.

3. Ikan

Ikan kaya akan protein dan lemak yang menyehatkan jantung. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa meningkatkan asupan protein dapat menurunkan nafsu makan dan mengurangi kadar ghrelin, hormon yang merangsang rasa lapar. Protein yang terdapat di ikan mungkin dapat mengendalikan rasa lapar.

4. Kentang

Kentang mungkin dianggap tidak sehat karena cara pengolahannya saat menggunakan minyak. Namun, kentang dapat menjadi salah satu makanan yang bisa menahan lapar lebih lama.

5. Daging tanpa lemak 

Daging tanpa lemak secara efisien dapat mengurangi rasa lapar dan nafsu makan di antara waktu makan. Daging tanpa lemak merupakan makanan rendah kalori yang mengenyangkan. Ayam, kalkun dan potongan daging merah rendah lemak merupakan makanan rendah kalori.

6. Semangka

Semangka memiliki kandungan air yang tinggi, yang membuat tetap terhidrasi. Semangka potong dengan berat 152 gram mengandung 46 kalori, vitamin A dan vitamin C.

Mengonsumsi makanan rendah kalori seperti semangka, terbukti memiliki efek yang sama seperti memakan makanan tinggi kalori. Makanan rendah kalori dapat membantu menurunkan berat badan karena menurunkan asupan kalori.

7. Keju Cottage Rendah Lemak

terdapat 15 gram protein dan hanya 2 gram lemak dalam setiap sajian. Ini camilan bergizi rendah lemak, dan cukup enak untuk digunakan sebagai pengganti keju krim lainnya dalam resep.

8. Roti Panggang Gandum

Sepotong roti gandum yang disiapkan secara komersial (seperti yang ditunjukkan pada label nutrisi) menyediakan sekitar 82 kalori dan sekitar 1 gram lemak. Namun, jumlah ini berbeda-beda menurut merek.

Satu irisan juga menyediakan hampir 4 gram protein dan 13,8 gram karbohidrat. Namun, juga menyediakan sekitar 2 gram serat, 9,6 karbohidrat bersih per irisan.


Posting Komentar untuk "8 Makanan Rendah Kalori, Awet Kenyang Gak Bikin Gendut"