Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Pengobatan Rumahan dan Alami untuk Sakit Gigi

 Apa yang bisa Anda lakukan

Jika anda sedang sakit gigi, penting untuk anda mencari tahu apa yang menjadi akar masalah penyebabnya. Dari sana, anda dapat menentukan cara terbaik untuk meredakan nyeri, bengkak, atau gejala lainnya.

Bilas air garam dan kompres dingin secara teratur biasanya dapat mengatasi iritasi ringan, tetapi sakit gigi yang lebih serius mungkin memerlukan intervensi ke dokter gigi.

Jika sakit gigi anda bertahan selama lebih dari satu atau dua hari, temui dokter gigi anda. Dokter akan memberikan panduan tentang menanggulangi/meredakan rasa sakit gigi yang anda rasakan di masa mendatang.

Anda juga harus berkonsultasi dengan dokter gigi sebelum menggunakan salah satu obat-obatan, jika anda dalam posisi sedang hamil, menyusui atau memiliki riwayat penyakit tertentu dan tidak bisa asal meminum obat.

Teruskan membaca untuk mempelajari lebih lanjut.

1. Bilas air garam

Bagi banyak orang, bilasan air garam adalah pengobatan lini pertama yang efektif. Air garam adalah disinfektan alami dan dapat membantu melonggarkan partikel makanan dan kotoran yang mungkin tersangkut di sela-sela gigi anda. Mengobati sakit gigi dengan air garam juga dapat membantu mengurangi peradangan dan menyembuhkan luka di mulut.

Untuk menggunakan pendekatan ini, campurkan 1/2 sendok teh (sdt) garam ke dalam segelas air hangat lalu gunakan sebagai obat kumur.

2. Pembilasan hidrogen peroksida

Bilas hidrogen peroksida juga dapat membantu meredakan nyeri dan peradangan. Selain membunuh bakteri, hidrogen peroksida dapat mengurangi plak dan menyembuhkan gusi berdarah.

Pastikan anda mengencerkan hidrogen peroksida dengan benar. Untuk melakukan ini, campurkan 3 persen hidrogen peroksida dengan air lalu gunakan sebagai obat kumur. Jangan menelannya.

3. Kompres Es Batu
 
Anda dapat menggunakan kompres es batu untuk menghilangkan rasa sakit yang Anda alami, terutama jika ada jenis trauma yang menyebabkan sakit gigi. Kompres dengan es batu akan menyebabkan pembuluh darah di area tersebut mengerut. Ini membuat rasa sakit mereda. Es batu juga bisa mengurangi pembengkakan dan peradangan.

Untuk menggunakan pendekatan ini, pegang kantong es yang dibungkus handuk tempelkan ke area yang yang sakit selama 20 menit sekali. Dan anda dapat mengulanginya setiap beberapa jam.

4. Kantong teh peppermint


Kantong teh peppermint dapat digunakan untuk menghilangkan rasa sakit dan menenangkan gusi yang sensitif.

Untuk melakukan ini, biarkan kantong teh bekas menjadi dingin sebelum mengaplikasikannya ke area yang terkena. Ini masih harus sedikit hangat.

Anda bisa berganti-gantian menggunakannya untuk mendinginkan ataupun menghangatkan. Untuk melakukan ini, masukkan kantong teh bekas ke dalam freezer selama beberapa menit untuk mendinginkannya dan kemudian tempelkan kantong tersebut ke gigi Anda. Anda bisa mempelajari lebih lanjut tentang manfaat kesehatan peppermint.

5. Bawang putih

Selama ribuan tahun, bawang putih telah dikenal akan manfaat dan khasiatnya untuk di pakai pengobatan. Tidak hanya dapat membunuh bakteri berbahaya yang menyebabkan plak gigi, tetapi juga dapat bertindak sebagai pereda nyeri.
Untuk menggunakan ini, hancurkan satu siung bawang putih samai halus kemudian oleskan ke area yang terkena. Anda mungkin ingin menambahkan sedikit garam. Sebagai alternatif, Anda juga bisa mengunyah satu siung bawang putih segar secara perlahan.

6. Ekstrak vanili

Ekstrak vanila mengandung alkohol yang dapat membantu meredakan nyeri. Sifat antioksidan yang terkandung sudah terbukti membuatnya menjadi penyembuh yang efektif.

Untuk menggunakan ini, oleskan sedikit ekstrak vanili ke jari anda atau kapas. Oleskan langsung ke area yang terkena beberapa kali sehari.
Pengobatan alami lainnya

Anda dapat melakukan pengobatan berikut di rumah, tetapi Anda mungkin perlu mencari bahan-bahannya. Semua item tersedia di toko makanan kesehatan setempat atau online. Mulut, gigi, dan gusi anda kemungkinan besar sensitif saat ini, jadi sangat penting untuk membeli bahan-bahan ini dari produsen terkemuka. Agar dapat mengurangi risiko potensi iritasi.

7. Cengkeh

Cengkeh telah digunakan untuk mengobati sakit gigi sejak jaman dulu, karena minyak yang terkandung pada cengkeh dapat secara efektif mematikan rasa sakit dan mengurangi peradangan. Cengkeh juga mengandung eugenol, yang merupakan antiseptik alami.

Untuk menggunakan pendekatan ini, oleskan sedikit minyak cengkeh ke kapas dan oleskan ke area gigi. Anda mungkin ingin mengencerkan minyak cengkih dengan beberapa tetes minyak lainya, seperti minyak zaitun, atau air. Lakukan ini beberapa kali sehari.

Anda juga bisa menambahkan setetes minyak cengkih ke dalam segelas kecil air untuk di jadikan obat kumur.

8. Daun jambu biji

Daun jambu biji memiliki khasiat anti inflamasi/ peradangan yang dapat membantu menyembuhkan luka. Di dalam buah jambu biji juga memiliki aktivitas Sumber Tepercaya antimikroba yang dapat membantu perawatan mulut.

Untuk menggunakan ini, kunyah daun jambu biji segar atau tambahkan daun jambu biji yang dihancurkan ke air mendidih untuk di jadikan obat kumur.

9. Timi


Thyme juga memiliki sifat antibakteri dan antioksidan yang kuat. Dan dapat membantu mengobati sakit gigi.

Untuk menggunakan ini, oleskan beberapa tetes minyak esensial thyme dan beberapa tetes air ke kapas. Setelah mengencerkan minyak dengan air, oleskan ke area yang sakit.

Anda juga bisa menambahkan setetes minyak ke segelas kecil air dan membuat obat kumur.


Posting Komentar untuk "9 Pengobatan Rumahan dan Alami untuk Sakit Gigi"