Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Tips Menjaga Kesehatan Mata Di Era Digital

    Bagi kebanyakan dari kita, memiliki mata yang sehat berarti bisa melihat dan untuk beberapa lagi, bisa melihat tanpa harus memakai kacamata. Tapi, ada begitu banyak jenis bahaya yang berhubungan dengan mata seperti astigmatisme, konjungtivitis, katarak, mata kering, glaukoma dan lain-lain, tidak diketahui oleh banyak dari kita.

    Di era milenial sekarang ini, kita sering menghabiskan sebagian besar waktu kita menatap layar komputer / laptop atau ponsel kita. Apakah Anda akhirnya menghabiskan berjam-jam mengerjakan sesuatu atau hanya sekadar menghabiskan waktu anda melalui media sosial anda, mata anda tertuju pada pihak penerima. Zaman era digital memiliki keuntungan tersendiri. Namun, penting untuk memahami dampaknya pada mata Anda. Dengan begitu banyaknya desas-desus seputar perkembangan teknologi digital baru, kita sering cenderung lupa bahwa mata kita secara bertahap menghadapi reaksi balik dari kegiatan anda terhadap perangkat digital.

    Sesuai tren, sejumlah besar orang saat ini menderita sindrom penglihatan komputer (CVS) daripada sebelumnya. Beberapa penelitian telah mengungkapkan bahwa individu yang menghabiskan lebih dari tiga jam bisa lebih per hari di depan komputer berisiko lebih tinggi terkena CVS. Hampir tidak mungkin untuk menahan diri dari menggunakan perangkat elektronik. Namun, penting untuk diketahui bahwa ada berbagai cara untuk memastikan mata Anda tetap sehat di era digital saat ini.

    Di bawah ini adalah 7 tips menjaga kesehatan mata di era digital yang pasti akan membantu anda menghindari sebagian besar masalah mata, meskipun tidak semuanya, alangkah baiknya kita bisa melaksanakan secara teratur.

1. Aturan 20-20 Aturan

Jika pekerjaan Anda sebagian besar didasarkan pada komputer, sebaiknya ikuti aturan 20-20. Beristirahatlah dengan interval jeda setiap 20 menit, setidaknya selama 20 detik alihkan pandangan anda pada objek yang berjarak minimal 20 kaki. Latihan ini memiliki fungsi menurunkan tekanan dari mata anda.

2. Sikap

Jika anda menghabiskan sebagian besar hari anda bekerja di depan komputer, tips ini cocok untuk anda. Pertahankan jarak sekitar 20-25 inci dari sistem dan pastikan mata Anda berada 4-6 inci di atas tengah. Posisi yang benar akan membantu Anda melindungi penglihatan Anda dalam jangka panjang.

3. Cahaya

Kecerahan perangkat computer maupun ponsel dapat menghalangi penglihatan anda secara perlahan. Oleh karena itu, hindari bekerja dalam pengaturan cahaya gelap dan pertahankan keseimbangan jumlah cahaya di sekitar Anda. Cahaya sekitar harus relatif lebih rendah dari kecerahan perangkat.

4. Ukuran teks

Ini penting! Tingkatkan ukuran teks sehingga Anda tidak perlu melelahkan mata saat bekerja. Jangan terlalu kecil dan jangan terlalu besar juga, sesuasikan dengan kenyamanan anda.

5. Kacamata

Teknologi berkembang dengan sangat cepat, dan karenanya, sangat penting untuk mengikuti perkembanganya. Kenakan kacamata antiradiasi untuk melindungi mata dari efek negatif dari cahaya biru yang dipancarkan oleh layar.

6. Berkedip


Berkedip itu penting. Penting untuk mengedipkan mata saat anda bekerja di depan layar komputer untuk memastikan agar mata anda tetap lembab dan sehat.

7. Periksa mata secara teratur.

Mata kita bisa melihat semuanya dengan baik dan kita mungkin merasa bahwa mata kita tidak mengalami masalah yang berarti. Akan tetapi, mata kita bisa saja menderita masalah seperti kekeringan, glaukoma atau degenerasi makula, masalah yang seringkali kita tidak menyadarinya. Jadi, sebaiknya periksa mata kita secara teratur dengan mengunjungi dokter mata. Ini akan membantu anda mengetahui apakah mata anda benar-benar baik dan tidak ada masalah, kami akan mengetahuinya lebih awal sehingga dapat dengan mudah ditangani. Pemeriksaan mata lengkap setiap tahun sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan mata.

Terlepas dari tips dasar ini, ada banyak cara lain untuk melindungi penglihatan Anda dalam fase digital saat ini. Semoga 7 tips menjaga kesehatan mata di era digital di atas bisa membantu. Terimakasih, semoga bermanfaat.




Posting Komentar untuk "7 Tips Menjaga Kesehatan Mata Di Era Digital"