Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Tips Atasi Bau Mulut

    Sangat mudah untuk memperbaiki pernapasan anda sekaligus menjaga kesehatan gigi dan gusi Anda. Cobalah langkah-langkah sederhana ini 9 tips atasi bau mulut dan juga mulut anda akan terasa segar dan bersih.

 

1. Sikat Gigi Dan Bersihkan Menggunakan Benang Gigi.

Plak, penumpukan lengket di gigi anda, mengumpulkan bakteri yang menyebabkan bau mulut. Makanan yang terperangkap pada sela-sela gigi juga menambah masalah.

Sikat gigi anda setidaknya dua kali setiap hari, dan gunakan benang gigi setidaknya sekali. Jika Anda merasa napas nafas masih bau, lakukan keduanya lebih sering.

Namun, jangan berlebihan. Jika Anda menyikat terlalu keras, Anda dapat merusak gigi, membuatnya rentan terhadap kerusakan.

2. Pakai Obat Kumur.


Selain menyegarkan napas, obat kumur menambah perlindungan ekstra dengan menyingkirkan bakteri. Rasa mint yang segar bisa membuat anda merasa nyaman. Tapi pastikan obat kumur yang anda pilih bisa membunuh kuman penyebab bau mulut. Jangan hanya menutupi baunya. Bilas setiap hari dengan obat kumur yang baik dan hentikan bau mulut dari sumbernya.

Anda juga dapat membantu pernapasan jika anda membilas mulut dengan air putih setelah makan. Dapat menghilangkan partikel makanan yang tersangkut di gigi anda.

3. Sikat Lidah Anda.

Lapisan yang biasanya terbentuk di lidah anda bisa menjadi inang bakteri bau. Untuk menghilangkannya, sikat lembut lidah anda dengan sikat gigi.

Jika sikat terlalu besar untuk menjangkau bagian belakang lidah dan membuat anda kurang nyaman, cobalah alat pengerik. "Mereka dirancang khusus untuk memberikan tekanan yang merata di seluruh permukaan area lidah. Ini menghilangkan bakteri, sisa makanan, dan sel-sel mati yang tidak dapat ditangani dengan menyikat sendiri," kata ahli kebersihan Pamela L. Quinones, mantan presiden Asosiasi Ahli Kesehatan Gigi Amerika.

4. Hindari Makanan Yang Membuat Napas Anda Asam.

Bawang dan bawang putih adalah penyebab utama. Menyikatnya bukanlah solusi untuk hal ini. Zat yang menyebabkan bau tak sedap masuk ke aliran darah anda dan berjalan ke paru-paru , di mana anda mengeluarkannya, kata dokter gigi Richard Price, DMD, juru bicara American Dental Association.

Cara terbaik untuk menghentikan masalah tersebut? Jangan memakannya, atau setidaknya menghindarinya sebelum anda pergi bekerja atau bertemu teman.

5. Hentikan Kebiasaan Merokok.

Selain menyebabkan kanker, merokok dapat merusak gusi, menodai gigi, dan membuat bau mulut.

Tambalan nikotin yang dijual bebas dapat membantu meredakan keinginan tersebut. Jika anda membutuhkan sedikit bantuan, buatlah janji dengan dokter  untuk membicarakan program berhenti merokok atau resep obat yang dapat membantu anda berhenti merokok untuk selamanya.

6. Konsumsi Permen Mint Setelah Makan Malam Dan Kunyahlah Permen Karet.

Bakteri di mulut anda menyukai gula. Mereka menggunakannya untuk membuat asam. Dan ini bias merusak gigi dan menyebabkan bau mulut. Kunyahlah permen karet tanpa gula.

"Gusi merangsang air liur, yang merupakan mekanisme pertahanan alami mulut terhadap asam plak, yang menyebabkan kerusakan gigi dan bau mulut," kata Quinones.

7. Jaga Kesehatan Gusi Anda.

Penyakit gusi menyebabkan bau mulut. Bakteri berkumpul di dasar gigi, yang menimbulkan bau.

Jika anda menderita penyakit gusi, dokter gigi anda mungkin menyarankan Anda untuk menemui periodontis, yang berspesialisasi dalam merawatnya.

8. Basahi Mulut Anda.

Anda bisa mengalami kerusakan gigi dan bau mulut tidak  cukup hanya membasahi dengan air liur saja. Jika mulut anda kering, minumlah banyak air sepanjang hari.

Kunyah permen karet tanpa gula atau isap permen keras bebas gula. Coba juga humidifier di malam hari untuk melembabkan udara di rumah anda.

9. Temui Dokter Anda.

Jika bau mulut anda terus berlanjut meski sudah berusaha sebaik mungkin, buatlah janji dengan dokter anda. Mereka akan memeriksa apakah masalah anda terkait dengan kondisi medis yang sedang anda alami.


Posting Komentar untuk "9 Tips Atasi Bau Mulut"