Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Obat Batuk Alami Dari Bahan Di Sekeliling Kita

    Batuk merupakan salah satu cara alami tubuh untuk melindungi tenggorokan, pada dasarnya batuk bisa terjadi  karena virus, debu, bakteri atau zat lain yang bisa mengiritasi ujung saraf pada saluran udara antara tenggorokan dan paru-paru. Batuk Kering dan Batuk Berdahak sungguh sangat mengganggu dalam kegiatan sehari-hari. pada umumnya batuk akan menjadi-jadi pada malam hari dan saat kita berbaring juga.

    Ada berbagai macam obat untuk mengurangi rasa gatal pada tenggorokan dan bisa menyembuhkan batuk. salah satunya kita dapat memanfaatkan bahan-bahan herbal atau alami yang bisa kirta dapatkan di sekeliling kita. Mari simak apa saja bahan-bahan alaminya.

1. Jeruk Nipis dan Madu

Resep ini sudah turun temurun di pergunakan oleh bapak, ibu bahkan mbah-mbah saya dahulu untuk di jadikan obat batuk bahkan bisa di bilang sangat ampuh dan sumbuh. Di lansir dari GridHEALTH.ID dengan segala khasiat jeruk nipis di padukan madu sangat mujarab untuk mengobati batuk.

2. Air Garam 

Caranya dengan melarutkan garam kedalam air hangat, lalu pakai lah berkumur selama 30 detik. Mungkin akan terasa aneh bagi yang baru pertama kali mencoba heheh. Tapi tidak apa-apa setelah itu rasakan manfaatnya dan bisa menjadi cara terbaik untuk mengobati batuk secara alami.

3. Jahe

Pada tanaman jahe terdapat banyak khasiat yang sudah di pergunakan sejak jaman dahulu kala. karena terdapat kandung antihistamin dan degongestan pada tumbuhan jahe, yang bisa menjadi salah satu obat alami untuk meredakan pilek, flu dan batuk. Anda bisa membuat jahe anget dengan cara kupas jashe, lalu geprek dan seduh dengan air panas yang sudah mendidih, tak lupa tambahkan madu. Mantap tenan.

4. Banyak Minum Air

Bagi orang yang sedang mengalami batuk atau pilek banyak-banyak lah minum air untuk mencukupi cairan pada tubuh. riset menyebutkan minum air dan suhu ruangan bisa meredakan batuk. Hindari air terlalu panas jika anda sedang radang tenggorokan

5. Teh Thyme

Terdapat kandungan senyawa antioksidan yang kuat pada teh thyme yaitu thymol . Selain thymol ada beberapa antioksidan seperti flavonoid apigenin, thymonin, luteloin dan naringenin.

Pada teh Thyme juga mengandung carvacrol. Keduanya merupakan bahan aktif yang bersifat ekspektoran. Yang dapat mecegah lender yang menyumbat saluran pernafasan. Jadi sangat cocok apabila teh thyme di hidangkan saat hangat sehingga dapat melegakan hidung dan juda saluran tenggorokan.

Uraian diatas adalah informasi selengkapnya yang membahas tentang 5 Obat Batuk Alami. Semoga bermanfaat.





Reverensi

https://hellosehat.com/hidup-sehat/nutrisi/manfaat-minum-teh-thyme/#gref

https://5faktasehat.blogspot.com/2017/12/10-obat-batuk-alami.html

https://kesehatan.kontan.co.id/news/ternyata-bahan-makanan-rumahan-ini-bisa-jadi-obat-batuk-alami-yang-ampuh?page=1


Posting Komentar untuk "5 Obat Batuk Alami Dari Bahan Di Sekeliling Kita"